Knitwear adalah pakaian atau aksesoris yang terbuat dari rajutan untuk menciptakan kain yang elastis dan fleksibel, jenis pakaian ini bisa juga disebut baju rajut. Knitwear dapat dibuat dari berbagai jenis benang, termasuk wol, kapas, sutra, rayon, dan bahan sintetis. Benang-benang ini dipilih berdasarkan karakteristik yang diinginkan pada kain rajutan, seperti kehangatan, kelembutan, ketebalan, dan kemampuan untuk menyerap kelembaban. Kelemahan dari pakaian jenis ini adalah sifatnya yang mudah melar, namun kamu tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat knitwear agar lebih tahan lama.

Merawat Knitwear Agar Tidak Melar

Karena knitwear merupakan pakaian dengan yang rentan melar, kamu perlu penanganan khusus untuk jenis pakaian yang satu ini. Berikut adalah cara merawat knitwear dengan benar

Gunakan Mesin Cuci Yang Lembut

Jangan mencuci knitwear dengan siklus mesin cuci yang kasar atau menggunakan mesin pengering karena itu bisa membuat knitwear melar. Sebaiknya cuci tangan dengan air dingin dan sabun lembut atau gunakan siklus mesin cuci yang lembut.

Jangan Diperas

Setelah dicuci, jangan peras knitwear karena hal itu bisa membuatnya melar. Sebaliknya, untuk mengeringkan dan merawat knitwear harus dengan menggosok lembut dengan tangan dan peras airnya secara lembut.

Keringkan Dengan Cara Yang Benar

Jangan menggantung knitwear, karena hal itu bisa membuatnya melar. Sebaiknya dikeringkan di atas permukaan datar dengan membentangkannya dan hindari sinar matahari langsung karena bisa merusak warna. Kamu juga dapat mengeringkan dengan menggunakan handuk lembut.

Simpan dengan benar

Simpan knitwear di dalam lemari yang bersih dan kering. Jangan menggantungnya, melainkan lipat dan letakkan di atas rak agar tidak melar atau terlipat. Menyimpan knitwear dengan benar akan bisa merawat knitwear kamu agar terhindar dari kerusakan.

Merawat Knitwear Dengan Menghindari Benda Tajam

Knitwear sangat rentan terhadap benda tajam, seperti jepitan atau peniti. Pastikan untuk merawat knitwear kamu dengan menghindari benda-benda tersebut saat mencuci, mengeringkan, atau menyimpan baju rajutan kamu.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat merawat knitwear kamu agar tidak melar dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Menggantung Knitwear

Sebenarnya menggantung knitwear tidak dianjurkan karena akan berisiko menyebabkan knitwear menjadi melar. Namun kamu masih bisa menggantung knitwear kamu dengan aman apabila menerapkan cara yang tepat. Berikut adalah cara yang tepat untuk menggantung knitwear kamu

Pastikan Knitwear Dalam Keadaan Kering

Pastikan knitwear telah dicuci dan dikeringkan dengan benar sebelum digantung. Hal ini penting karena jika knitwear masih basah atau lembab, menggantungnya dapat menyebabkan pakaian menjadi kusut atau bahkan berkembang biak bakteri. Pastikan knitwear benar-benar kering dan bersih sebelum digantung.

Sesuaikan Jenis Gantungan

Pilih gantungan yang tepat untuk knitwear. Hindari gantungan dengan bahan yang kasar seperti kayu atau logam, karena dapat merusak serat pakaian. Sebaiknya, pilih gantungan berbahan plastik atau bahan lembut lainnya. Ini akan membantu merawat knitwear kamu serta menjaga bentuk dan kualitasnya.

Jangan Menggantung Knitwear Dari Bahu

Letakkan knitwear pada gantungan. Jangan mengaitkan ujung bahu knitwear pada gantungan, karena dapat membuat bahu pakaian melar dan kehilangan bentuk aslinya. Sebaiknya, letakkan knitwear pada gantungan dan biarkan bahu pakaian menyentuh gantungan secara alami. Jangan terlalu mengencangkan atau menekan knitwear ke gantungan, biarkan pakaian tergantung dengan bebas.

Berikan Ruang Pada Gantungan Lemari

Jangan terlalu padat dalam menggantung knitwear. Pastikan setiap knitwear memiliki cukup ruang pada gantungan agar tidak terlalu padat atau terjepit. Jangan menggantung terlalu banyak knitwear pada satu gantungan, karena dapat menyebabkan pakaian menjadi kusut atau bahkan rusak.

Untuk gambaran yang lebih jelas tentang cara menggantung knitwear agar tidak cepat melar, kamu bisa lihat caranya di sini

Itulah cara merawat knitwear atau pakaian rajutan kesayangan kamu agar tidak cepat melar dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Bagi kamu yang ingin tampil menawan dengan knitwear THENBLANK punya rekomendasi yang menarik nih! 

Tampil preppy dan stylish dengan Sleeveless Vest bermotif argyle dengan Preppy vest basil, Desain semi crop cutting dan fit di bagian badan membuat kamu terlihat anggun. Bagian leher berbentuk V dengan 3 warna yang melengkapi penampilanmu. Kenakan dengan kemeja, blazer, atau kaos, sangat fleksibel dan bisa di mix-and-match dengan berbagai gaya. Dapatkan segera Sleeveless Vest argyle ini dan buat tampilanmu semakin memukau! atau kamu juga bisa pilih Line Knit Top untul tampilan chic dan effortless dengan Atasan lengan panjang. Desain kerah klasik dengan bukaan tiga kancing polo di bagian depan memberikan sentuhan elegan pada penampilanmu. Cutting relaxed yang tidak menjiplak badan serta bagian belakang yang lebih panjang memberikan kenyamanan saat dipakai. Dapatkan kesan slim dan ramping dengan aksen garis putih vertikal yang elegan. Dilengkapi dengan detail aksen slit pada bagian samping, membuat kamu lebih leluasa dalam bergerak. Tersedia dalam dua pilihan warna, Atasan lengan panjang knit ini hadir satu set dengan Line Knit Culotte yang juga dapat menjadi pilihan terbaikmu. Segera dapatkan koleksi terbaru kami dan tampil memukau dalam gaya yang berbeda! Tunjukkan gaya anggunmu dengan koleksi knitwear kami. Jangan ragu untuk mengunjungi THENBLANK dan pilihlah model yang cocok untukmu. Yuk, segera dapatkan penawaran spesial dengan melakukan pembelian sekarang!

×