Hai semuanya, siapa disini yang terinspirasi tampil dengan blazer ala Korean style, yang simple but elegant? Namun, tahukah kamu merawatnya bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Oleh karena itu, kami hadir untuk memberikan tips dan trik cara mudah dan murah dalam merawat blazer agar koleksi blazermu tetap bagus dan awet. Siap-siap melihat penampilanmu semakin memukau dengan blazer kesayanganmu! Mau tahu pembahasan lengkapnya berikut adalah beberapa cara mudah dan murah yang dapat kamu lakukan untuk merawat blazer:

Dapper blazer thenblank

Dapper Blazer

Apa itu Blazer

Blazer adalah jenis pakaian yang berasal dari Inggris. Berbeda dengan jas yang digunakan untuk acara-acara formal blazer memiliki fit yang yang lebih ramping dan elegan dibandingkan dengan jas dan biasanya memiliki dua atau tiga tombol depan. sehingga cocok untuk berbagai acara, mulai dari acara semi formal hingga acara formal sekalipun. Blazer juga sangat mudah untuk di mix and match sehari-hari. Blazer biasanya memiliki lapisan bagian dalam yang terbuat dari bahan sifon. Blazer juga merupakan item unisexs yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita.

Blazer dan jas adalah dua jenis pakaian yang memiliki fungsi hampir sama, yaitu untuk memberikan penampilan yang lebih rapi dan formal. Namun, terdapat beberapa perbedaan antara kedua jenis pakaian ini.

Jas lebih tebal daripada blazer dan biasanya memiliki lapisan dalam untuk memberikan kesan yang lebih kokoh dan rapi, sementara Blazer tidak selalu memiliki lapisan dalam dan umumnya hanya digunakan untuk acara-acara informal yang lebih santai.

Jas sering digunakan pada acara-acara resmi seperti pernikahan, wawancara kerja, atau acara bisnis lainnya. Sedangkan blazer biasanya digunakan pada acara-acara informal seperti kumpul bersama teman atau makan malam dengan keluarga.

Mengenai pilihan warna, blazer lebih beragam daripada jas. Blazer biasanya hadir dalam berbagai warna cerah, sedangkan jas umumnya hadir dengan warna-warna netral seperti abu-abu, navy dan hitam.

Rekomendasi Bahan Blazer yang bagus

Berikut adalah beberapa rekomendasi bahan yang bagus digunakan untuk blazer:

Wrinkle Cotton


Bahan Wrinkle Cotton adalah jenis kain kapas (katun) bahan ini terkenal memiliki sifat dasar yang lembut dan nyaman. tekstur dari kain ini memberikan tampilan unik pada pakaian dan akan nampak jatuh ketika dikenakan. Bahan Wrinkle Cotton memiliki kelebihan dalam memberikan tampilan yang kasual dan santai, serta dapat mengurangi kebutuhan akan setrika dan perawatan yang rumit. Kamu bisa mendapatkan blazer dengan loose fit cutting untuk melengkapi smart casual outfit terbaik seperti gambar di atas hanya dengan cara klik di sini.

Ramie

Ramie adalah salah satu jenis serat alami yang keras dan ringan. Bahan ini cocok digunakan untuk blazer karena akan memberikan kesan tegas ketika dikenakan. Bahan ramie juga mudah dibersihkan dan tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, ramie juga cukup tahan lama dan dapat menyerap kelembapan dengan baik.

Kain Linen

Linen adalah salah satu jenis serat alami yang lembut dan tahan lama. Bahan ini sangat bagus untuk blazer karena tidak mudah rusak dan tidak akan menimbulkan masalah dengan kulit sensitif. Selain itu, linen juga tahan terhadap panas dan dapat melindungi dari sinar matahari.

Kain Sintetis

Kain sintetis adalah salah satu jenis bahan yang dibuat dari campuran bahan-bahan kimia dan cukup tahan lama. Bahan ini bagus untuk blazer karena tidak mudah rusak ringan dan tahan terhadap kerut dan luntur warna.

Bagaimana Cara Mencuci Blazer

Beberapa dari kita mungkin sering bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan blazer? Apakah blazer atau jas boleh dicuci? Cara mencuci blazer yang asal-asalan bisa merusak blazer loh.

Blazer tidak boleh dicuci dengan mesin cuci pada umumnya. Untuk membersihkan blazer, kamu perlu mencucinya secara manual (hand wash). Meski akan memakan waktu lebih lama, tetapi hasilnya jauh lebih baik dan tentunya tidak membuat blazer kesayanganmu rusak. Jika kamu tertarik untuk membersihkan blazer sendiri tanpa menggunakan jasa orang lain. Maka kamu harus menerapkan cara mudah dan murah merawat blazer berikut ini:

  1. Rendam blazer dalam air hangat selama 15-20 menit. Gunakan sabun cair untuk melunturkan kotoran yang ada di permukaan blazer.
  2. Gosoklah blazer dengan tangan untuk membantu membersihkan kotoran. Usahakan jangan menggosok terlalu keras dan gunakan sikat cuci yang halus.
  3. Tuangkan air dingin ke dalam mangkuk yang berisi air hangat, lalu rendamkan blazer di dalamnya selama 15-20 menit. Ini akan membantu menghilangkan kotoran yang masih tertinggal.
  4. Bilaslah blazer dengan air bersih hingga bersih dan dingin. Jangan merendam blazer di air hangat terlalu lama, karena akan menyebabkan keriput pada blazer dan warna akan berubah.
  5. Keluarkan blazer dan jangan diperas gunakan handuk untuk membantu mengurangi basah air pada blazer.
  6. Blazer siap untuk dikeringkan. Letakkan blazer di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung. Jangan menggunakan pengering mesin cuci, karena ini dapat merusak tekstur blazer dan membuatnya kelihatan tidak rapi.

Bagaimana Cara Merawat Blazer

Siring dengan intensitas pemakaian jas ataupun blazer maka pastinya kamu perlu membersihkannya dan merawatnya secara berkala agar tetap terlihat rapi dan bersih. Setelah kamu tahu bagaimana cara mencucinya berikut ini adalah tips merawat jas blazer agar tetap terlihat bagus:

  1. Jangan terlalu sering mencuci jas atau blazer. Jika memang kondisinya tidak terlalu kotor kamu hanya perlu mengangin-anginkan blazermu dengan hanger khusus jas atau blazer.
  2. Segera keringkan jas blazer setelah dicuci dan jangan gunakan sumber panas langsung untuk mengeringkan jas blazer, seperti sinar matahari yang terlalu tinggi. Ini akan membuat bahan jas blazer lebih rentan untuk rusak dan memudar.
  3. Setelah jas blazer kering, kamu bisa menyetrikanya agar terlihat rapi kembali. Akan tetapi jangan menyetrika terlalu lama di satu bagian yang sama dan gunakan suhu setrika yang tepat sesuai dengan jenis kainnya.
  4. Jika kamu ingin menyimpan jas blazer dalam waktu yang lama, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang berventilasi dan kering. Jangan menyimpannya di tempat yang lembab. Ini akan membuat jas blazer mudah menjadi bau dan rentan jamur.
  5. Kamu bisa memanfaatkan cover jas untuk menyimpan jas atau blazer yang sudah bersih agar tetap rapi dan siap digunakan kapanpun.


Dengan cara mudah dan murah merawat jas atau blazer di atas kamu tidak perlu khawatir blazermu jadi rusak. Jas atau blazer yang bersih dan seperti baru, pasti akan memberikan aura positif dan percaya diri untuk pemakainya. Jangan lupa untuk merawat jas blazer secara teratur untuk menjaga kualitasnya tetap baik. Selamat mencoba!

Nah untuk kamu yang ingin dress well, keep it simple kamu wajib banget cek THENBLANK.COM karena di sana ada banyak sekali fashion item berkelas yang cocok dikenakan untuk segala usia, situasi, kondisi apapun. Terlebih untuk kamu yang suka style smart outfit dan bingung mencari-cari casual blazer? jangan khawatir kamu bisa dapatkan produk blazer terbaik dari kami hanya dengan klik di sini.

 

×