Long distance relationship (LDR) atau pacaran jarak jauh memang harus lebih sabar, karena tantangan dan dinamika yang dihadapinya sangat berbeda dengan hubungan jarak dekat. Ketika dua orang terpisah oleh jarak dan waktu, mungkin menjadi sulit untuk menjaga kedekatan emosional dan fisik yang biasanya ada dalam hubungan yang lebih dekat. Namun, jangan biarkan kesulitan tersebut meredam cinta dan semangat untuk menjaga hubungan tetap langgeng dan bahagia. Hal ini merupakan ujian kedewasaan dan ketulusan cinta antara kamu dan dia.

Memiliki kesabaran adalah kunci, tetapi bukan satu-satunya aspek yang perlu diperhatikan dalam menjalani hubungan LDR. Terdapat sejumlah tips dan strategi yang dapat diterapkan untuk menjaga api cinta tetap menyala dan menjauhkan rasa bosan dalam hubungan LDR. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips berharga yang akan membantu kamu dan pasangan merawat hubungan jarak jauh dengan penuh kebahagiaan dan keintiman.

Tips Menjaga Hubungan LDR

berikut adalah 15 tips untuk menjaga hubungan LDR tetap bahagia dan menghindari rasa bosan:

Komunikasi Terbuka dan Rutin: Tetapkan jadwal komunikasi yang konsisten dan jangan ragu untuk berbicara tentang perasaan, harapan, dan tantangan dalam hubungan. Kunci utama dari sebuah hubungan jarak jauh adalah komunikasi. Akan tetapi jangan terlalu posesif atau akan membuat hubungan kalian menjadi tidak nyaman.

Manfaatkan Teknologi: Gunakan video call, pesan teks, untuk merasa lebih dekat satu sama lain. Meski tidak bisa bertemu langsung akan tetapi dengan melihat wajah pasangan sebelum tidur, sepertinya sudah lebih dari cukup untuk mengobati rasa rindu.

Tetap Terlibat dalam Kehidupan Masing-Masing: Dukung dan ikuti perkembangan pasangan dalam kehidupan pribadinya untuk tetap merasa saling terhubung. Jangan pernah mencoba untuk mengontrol dan membatasi pasangan. Sebaliknya berikan kepercayaan sepenuhnya dan yakin bahwa ia tidak akan macam-macam.

Kirim Hadiah Kecil: Kirimkan hadiah surprise seperti kartu, bunga, atau barang kecil lainnya sebagai tanda kasih sayang. Tidak perlu mahal. Semakin unik barang yang kamu kirim maka akan semakin menjadi kejutan tak terduga.

Tentukan Tujuan Bersama: Miliki visi dan tujuan bersama dalam hubungan, sehingga ada harapan dan fokus yang jelas. Percuma menjalin hubungan jarak jauh apabila tidak memiliki rencana bersama apapun. Mulai bicarakan dan rencanakan bersama apa goal besar yang harus dicapai bersama.

Berkomunikasi dengan Tulus: Cobalah untuk menghindari konflik dan berbicara dengan tulus ketika ada masalah, agar masalah tidak semakin membesar. Fokus pada penyelesaian masalah dari pada mengungkit-ungkit masalah.

Kenali Rutinitas Pasangan: Pahami rutinitas harian dan kegiatan pasanganmu, sehingga kamu dapat merasa lebih terlibat dalam kehidupannya. Jangan ganggu dia ketika jam sibuknya, cari celah untuk bisa memiliki waktu berkualitas meskipun hanya via online.

Buat Daftar Harapan dan Impian: Buat daftar impian bersama dan bahas bagaimana dapat mencapainya sebagai pasangan. Berbeda dengan tujuan bersama, harapan ini konteksnya cenderung lebih kecil. Misalnya musium date agar yang intim. Buat beberapa list dan centang ketika sudah tercapai.

Dorong dan Dukung Keberhasilan Masing-Masing: Beri dukungan dan dorongan saat pasangan mencapai prestasi atau sedang menghadapi tantangan. Support sistem adalah tujuan utama seseorang perlu pasangan dalam hidup. Posisikan dirimu sebagai supporter loyal yang selalu mendukung pasangan apapun yang terjadi.

Baca Buku atau Tonton Film Bersama: Bagi waktu untuk membaca buku yang sama atau menonton film bersama secara online untuk menghadirkan perasaan kedekatan. Saat ini banyak platform yang bisa sharescreen dan bisa kamu gunakan untuk nonton bersama. Manfaatkan fitur picture in picture agar video call menjadi kecil dan bisa nonton bersama.

Libatkan Keluarga dan Teman: Libatkan keluarga dan teman dalam hubunganmu, sehingga kamu dapat merasakan dukungan dari orang-orang terdekat. Mengenalkan pasangan pada lingkungan terdekat adalah sebuah kepercayaan terhadap pasangan.

Rayakan Milestone dan Tanggal Spesial: Rayakan ulang tahun, hari jadian, atau momen spesial lainnya untuk menghidupkan kembali romansa. Jangan pernah melupakan momen penting pasanganmu. Karena hal tersebut bisa diartikan bahwasanya kamu sudah tidak cinta.

Jaga Kepercayaan: Kepercayaan adalah fondasi hubungan LDR yang kuat, jadi jaga integritas dan komitmen satu sama lain. Yakinkan diri bahwa kamu telah memiliki orang terhebat yang kamu percaya. Jaga kepercayaan tersebut sebaik mungkin.

Jadwalkan Pertemuan Fisik: Cobalah untuk merencanakan kunjungan secara berkala untuk menjaga ikatan emosional dan membangun kenangan bersama. Justru pertemuan yang tidak terlalu intens biasanya akan lebih terkenang.

Berkunjung ke Tempat Baru Bersama-Sama: Saat bertemu, jelajahi tempat-tempat baru bersama untuk menciptakan kenangan indah. Karena kuantitas pertemuan yang sangat terbatas maka usahakan ketika bisa bertemu benar-benar berkualitas dan tidak terlupakan. Ambil waktu yang benar-benar kosong agar bisa menikmati waktu bersama.

Sebelum hari H pertemuan LDRmu datang. Jangan lupa untuk mempersiapkan penampilan terbaikmu, jangan sampai sudah menanti lama kamu tidak memiliki cukup persiapan alhasil pertemuanmu tidak bermakna dan yang lebih parahnya bisa menimbulkan keretakan hubungan karena merasa tidak dihargai.

Kamu bisa mempercayakan seluruh keperluan style untuk bertemu orang tersayang di THENBLANK.com tersedia banyak koleksi casual trendi yang nyaman dengan look jatuh ketika dikenakan. Dengan tampilan yang menawan, benih cinta antara dua sejoli yang lama tidak bersua akan tumbuh mekar layaknya edelweiss gunung Semeru yang tidak pernah layu.

 

×