Halo semua! Siapa yang suka dengan kemeja linen? Meskipun kamu belum mengetahui seperti apa itu bahan linen? Mungkin bisa jadi kamu sudah memiliki beberapa pakaian dengan bahan tersebut. Bahan linen terkenal ringan, lembut dan cocok dipakai di berbagai kesempatan. Namun, cara merawat kemeja linen kadang menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua. Jangan khawatir! Kali ini kami akan memberikan tips mudah cara merawat kemeja linen agar tetap awet dan terlihat seperti baru setiap kali dipakai. Mulai dari cara mencuci hingga cara penyimpanan, pastikan kamu melakukannya dengan benar. Yuk simak tipsnya berikut ini!


Apa itu Kain Linen

apa itu kemeja linen dan bahan linen seperti apa

Kain linen adalah jenis kain yang terbuat dari serat tanaman linen yang berasal dari keluarga bast. Serat linen dihasilkan dari tanaman rami atau flax dan memiliki sifat yang kuat, tahan lama, dan mudah menyerap air. Kain ini sangat nyaman dipakai dan sering digunakan untuk pakaian musim panas. Linen memiliki sifat absorbansi yang baik sehingga kain ini cocok dikenakan untuk orang yang mudah berdebar-debar atau berkeringat.

Kain linen biasanya digunakan untuk membuat pakaian seperti kemeja, kaos, dan Celana. Selain itu, kain linen tidak mudah berbulu apabila dibandingkan dengan jenis kain lain pada umumnya. Kain linen sangat nyaman dan terkenal menyerap keringat dengan baik. Selain itu, linen juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga cocok untuk cuaca tropis seperti di Indonesia.

Mitos dan Fakta Baju Linen

informasi terkait kemeja linen

Selain fakta bahwa kain linen merupakan salah satu kain yang mudah menyerap air. Berikut adalah beberapa mitos dan fakta tentang linen yang perlu kamu ketahui:

Mitos:

  1. Linen hanya cocok untuk pakaian musim panas: Ini adalah salah satu mitos yang paling umum tentang linen. Linen sebenarnya cocok untuk digunakan sepanjang tahun karena seratnya yang alami memungkinkannya untuk menyerap kelembaban dengan baik dan mengatur suhu tubuh entah disaat panas ataupun dingin.
  2. Linen sulit dirawat: Meskipun linen terkenal sebagai kain yang mudah kusut, tapi faktanya merawatnya kemeja linen merupakan hal cukup mudah. Kain linen bisa dicuci dengan mesin, tapi dengan menggunakan air dingin dan jangan gunakan pemutih. Kain linen juga bisa disetrika pada suhu rendah.
  3. Linen kaku dan tidak nyaman: memang benar bahwa kain linen memiliki tekstur yang sedikit kasar pada awalnya, namun seiring penggunaannya, serat akan menjadi lebih lembut dan nyaman. Selain itu, linen juga menawarkan sirkulasi udara yang lebih baik dan meredakan panas, sehingga membuatnya nyaman saat dikenakan.

Fakta:

  1. Linen adalah kain yang tahan lama: terbuat dari serat alami linen dibuat dari serat tumbuhan linen yang diambil dari bagian dalam batang tanaman linen. Serat ini sangat kuat dan tahan lama, sehingga membuat kain linen tahan lama dan awet dengan perawatan yang baik dan benar tentunya.
  2. Linen adalah kain yang ramah lingkungan: karena serat kain linen terbuat dari bahan-bahan alami sehingga dapat terurai apabila dibandingkan dengan bahan kain sintetis. Karena kekuatannya, kain linen lebih tahan lama dan membutuhkan penggantian yang lebih sedikit.
  3. Linen digunakan untuk berbagai produk: Selain digunakan untuk pakaian, kain linen juga digunakan untuk barang-barang rumah tangga seperti handuk, selimut. Kain linen juga digunakan untuk produk-produk fashion seperti sepatu dan tas.

Cara Merawat Kemeja Linen Agar Awet

langkah untuk merawat kemeja berbahan kain linen

Merawat kemeja linen agar tetap awet dan tidak cepat rusak adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Agar kamu tidak salah dalam merawat kemeja linen-mu berikut adalah beberapa tips untuk merawat kemeja linen:

  1. Gunakan sabun atau deterjen dengan takaran yang pas dan jangan berlebihan. Gunakan deterjen ringan saat mencuci kemeja linen. Bahan kimia keras dapat merusak kain dan menyebabkannya kehilangan bentuknya.Sabun atau deterjen biasa mengikis lapisan pelindung natural dari serat rami, sehingga kemeja linen akan lebih mudah rusak. Gunakanlah deterjen dengan bahan aktif yang tidak merusak kain dan warnanya.
  2. Cuci baju atau kemeja linen mu dengan air dingin. penggunaan air panas ketika mencuci kain berbahan linen akan menyebabkan kain menyusut dan kusut. Berlaku juga ketika membilas, bilas kemeja linen dengan air dingin dan jangan menggosoknya terlalu kuat saat mencuci, karena hal tersebut akan membuat kemeja linen cepat rusak.
  3. Setelah dicuci, jemur kemeja linen di tempat teduh dan jangan menjemur di terik matahari langsung. Menjemur bahan linen ditengah sengatan matahari yang menyala-nyala akan membuat warnanya menjadi cepat pudar, hal tersebut akan mengurangi estetika dari pakaianmu. Minimalisir penggunaan mesin pengering. Penggunaan mesin pengering yang berlebihan dapat membuat kain linen menyusut dari ukuran semulanya.
  4. Setelah dicuci dan dikeringkan, gunakanlah pelindung anti noda ataupun kamper baju untuk melindungi kemeja linen mu dari noda ataupun jamur yang sangat mungkin dapat merusak baju kesayanganmu.
  5. Jangan khawatir ketika setelah dicuci kemeja linen-mu menyusut. Kamu bisa mengembalikan ke ukuran aslinya dengan cara menyetrikanya. Kamu bisa menyetrika kemeja linen-mu dengan bantuan spray setrika agar lebih mudah dan rapi dalam menghilangkan kerutan. Pastikan temperatur setrikamu tidak terlalu panas agar tidak membakar kainnya.
  6. Yang terakhir simpan kemeja linen mu di tempat yang teduh dan kering agar tidak cepat rusak ataupun kotor oleh serangga, debu maupun jamur. 

Nah mudah sekali bukan cara merawat kemeja linen? Pada dasarnya merawat kemeja linen hampir sama dengan merawat bahan kain pada umumnya. Jangan panik dan membuang kemeja linen-mu karena berkerut setelah dicuci. Kamu bisa menerapkan cara-cara merawat kemeja linen seperti yang sudah kita bahas agar kemeja kesayanganmu bisa tetap digunakan sampai kamu memiliki koleksi terbaru baju-baju berbahan linen lainnya.


Untuk kamu yang dalam waktu dekat ini ingin menambah koleksi baju di lemari karena sudah merasa bosan dengan mix and match yang itu-itu aja. Berarti udah saatnya kamu untuk mengunjungi website THENBLANK.COM di sana kamu bisa dapatkan kemeja, celana, inner, outer dengan kualitas dan harga terbaik khusus untuk kamu. Jadi tunggu apalagi klik websitenya dan dapatkan item terbaik dari kami.

×